Jenis-Jenis Lampu untuk Penerangan Jalan



Setiap Kota / Kabupaten di Indonesia memiliki karakteristik jalan yang berbeda-beda, sehingga jenis lampu penerangan jalan umum yang digunakan juga berbeda-beda. Disesuaikan dengan lokasi dan jalan setempat, karena setiap jenis lampu juga memiliki karakteristik berbeda-beda.

Beberapa jenis lampu untuk penerangan jalan umum yang biasanya digunakan diantaranya :
  • Lampu Induksi LVD 
Lampu LVD adalah lampu jenis induk yang memiliki tiga komponen utama yaitu : yang pertama adalah ballast yang memiliki frekuensi tinggi, kedua adalah kumparan induksi dan ketiga adalah lampu



Cara kerja lampu LVD adalah sebagai berikut, Saat pertama kali dihubungkan dengan listrik, maka akan ada arus listrik yang masuk ke Ballast. Ballast kemudian akan menghasilkan arus listrik dengan frekuensi yang tinggi dan mengirimnya ke kumparan induksi. Selanjutnya kumparan induksi membangkitkan sebuah medan elektromagnet yang fluktuatif di dalam lampu yang akan menarik dan mengionisasi atom-atom gas yang mengisi tabung lampu.

Atom-atom yang terionisasi mengeluarkan radiasi ultraviolet. Ketika radiasi ultraviolet mengenai lapisan fosfor dalam gelas tabung lampu, fosfor menghasilkan cahaya. ( sumber ).
Lampu jenis induksi LVD masih banyak digunakan dibeberapa daerah di Indonesia untuk Penerangan Jalan Umum karena memiliki beberapa kelebihan, yaitu :
Lumen effisiasi yang tinggi, memiliki warna terang benderang, umur teknis mencapai 100.000 jam, dan beberapa keunggulan lainnya.

Sumber gambar : www.powerbell.co.id


  • Lampu HPIT
Lampu HPI-T termasuk dalam jenis lampu sorot, dan jenis lampu ini sering digunakan pada daerah atau area yang memerlukan sorotan cahaya lebih, misalnya dilapangan, tempat parkir, dan ditempat-tempat lain yang memerlukan penerangan yang lebih.
Custom Search

2 Responses to "Jenis-Jenis Lampu untuk Penerangan Jalan"

  1. Artikelnya ke potong gan, ga lengkap.... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya maaf, lagi kekurangan ide nulis kemarin. Lain kali saya lengkapin

      Hapus

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik