Alasan Sulitnya PJU Menjangkau Daerah Terpencil



Saat ini, listrik merupakan kebutuhan pokok bagi setiap penduduk baik di daerah perkotaan maupun daerah-daerah terpencil. Tidak dapat dipungkiri bahwa listrik memiliki peranan penting untuk peningkatan mutu kehidupan dan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, listrik juga berfungsi meningkatkan sarana pendidikan, kesehatan, serta keamanan lingkungan. Didaerah pedesaan, penggunaan alat-alat listrik banyak dilakukan dengan memanfaatkan accumulator ataupun baterai, karena banyak daerah terpencil atau pedesaan yang belum terjangkau listrik.

Sulitnya PJU Menjangkau Daerah Terpencil

Belum masuknya listrik dari PLN menjadi kendala pembangunan lampu PJU di daerah-daerah terpencil. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengaku kesulitan mengaliri listrik ke daerah-daerah terpencil dikarenakan tidak adanya infrastruktur jalan untuk menjangkau daerah tersebut. Dikutip dari kompas.com bahwasanya PLN harus bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum untuk pengaliran listrik di daerah-daerah terpencil tersebut. Dengan PU membangunkan infrastrukur jalan menuju daerah-daerah terpencil dan PLN membangunkan tiang-tiang listrik sebagai sumber energi di daerah tersebut. PLN sendiri juga menjelaskan bahwa PLN tdak mungkin membangun tiang-tiang listrik di tengah hutan karena memiliki resiko tersendiri.

Jadi, alasan utama sulitnya pembangunan PJU di daerah-daerah terpencil adalah belum masuknya listrik PLN dan banyak daerah kekurangan PJU karena tidak adanya infrastruktur jalan menuju daerah-daerah terpencil tersebut. Seharusnya memang harus ada kerjasama yang saling membantu antara kementerian PU dan PLN demi kemajuan dan perkembangan masyarakat daerah terpencil. Karena listrik menjadi kebutuhan pokok masyarakat saat ini, maka pembangunan PJU di daerah-daerah terpencil harus tetap dilakukan guna meningkatkan aktivitas masyarakat di malam hari, meningkatkan keamanan para pengguna jalan, baik pejalan kaki ataupun pengendara kendaraan bermotor.

Pembangunan PJU di daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau listrik PLN dapat dilakukan dengan menggunakan PJU tenaga surya. PJU tenaga surya sangat cocok digunakan di daerah-daerah yang belum terjangkau listrik. Penggunaan PJU tenaga surya sangat efektif dan efisien untuk pembangunan PJU di daerah-daerah terpencil karena memanfaatkan energi matahari jadi tidak memakan banyak biaya. Lifetime dari lampu PJU tenaga surya juga cukup lama mulai 11 tahun hingga ada yang mencapai 25 tahun. Dan pemasangannya juga cukup mudah.

Jadi, pembangunan PJU di daerah-daerah terpencil dapat dimungkinkan meskipun belum adanya listrik yang masuk di daerah tersebut. Selain dapat meningkatkan aktivitas masyarakat pada malam hari, pembangunan PJU di daerah-daerah terpencil menggunakan tenaga surya mempunyai banyak manfaat pada pembangunan PJU di daerah-daerah terpencil.

Berikut adalah beberapa pembangunan PJU di daerah-daerah terpencil dengan menggunakan tenaga surya :
1.    Mendukung program Go Green tanpa harus tergantung dengan BBM
2.    Meningkatkan keamanan lingkungan di daerah terpencil dan daerah rawan
3.    Tidak memerlukan pengecekan, pemeliharaan, dan pergantian komponen dalam waktu yang lama
4.    Tidak memerlukan perbaikan semua tiang lampu apabila hanya satu tiang saja yang mengalami masalah.

Itulah sedikit ulasan mengenai alasan sulitnya pembangunan PJU di daerah-daerah terpencil dan solusinya. Semoga bermanfaat.
Custom Search

0 Response to "Alasan Sulitnya PJU Menjangkau Daerah Terpencil"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik