Perawatan Penerangan Jalan Umum (PJU)



Dalam pekerjaan staf tekhnis PJU sehari hari dalam hal perawatan Lampu Penerangan Jalan Umum dilakukan dengan tutorial pengontrolan pada setiap lampu dengan cara berurutan. Apabila ada berbagai lampu yang kami anggap tidak lebih jelas jadi eksklusif akan ada penggantian lampu setalah pengecekan. Biasanya lampu kami ganti seusai nyalanya redup serta tidak jarang mati kemudian nyala lagi yang biasa kami sebut dengan istilah ngedrop. Ngedrop pada lampu jika keseringan serta berjalan lama jadi akan merusak trafo (balast), sebab trafo bekerja tidak pada mestinya. Trafo akan mengalami over hot serta kemudian bocor pada body yang mengakibatkan arus mengalir ke body lampu alias housing serta berakibat nyetrum. Setelah jangka lama tidak terkontrol, jadi trafo (balast) akan terbakar dan lampu mati sebab arus langsung dari induk tanpa trafo.

Pada perawatan Lampu Penerangan Jalan Umum, kami juga dibagi tugas untuk penugasan keliling malam dengan cara selalu serta bergantian. Ada jadwal piket dari kantor DKPP Kota Bima untuk setiap kru PJU, setiap malam kami berkeliling dengan cara bergantian, serta jika ada lampu yang mati maupun ngedrop jadi akan kami laporkan besoknya untuk pekerjaan selalu setiap hari. Selain dari hasil keliling setiap malam yang kami lakukan, tidak jarang juga ada laporan laporan dari warga yang kami dapatkan baik melewati telepon maupun surat, serta ada juga pelapor yang datang secara langsung ke kantor.

Dalam faktor perawatan lampu penerangan jalan sangat penting sekali sebab untuk keawetan Lampu serta komponen supaya tidak cepat rusak, serta juga untuk keselamatan warga jika ada tiang yang nyetrum sebab kerusakan trafo(balast). Juga tidak sedikit laporan warga jika terjadi lampu PJU tidak jarang terjadi kecelakaan. Selain tidak sedikit terjadi kecelakaan juga dijadikan ajang mesum bagi orang orang yang tidak bertanggung jawab, Rawan pencurian juga salah satu laporan terkenal warga yang disekitarnya ada Lampu Penerangan Jalan yang mati.

Kemudian tidak hanya perawatan Lampu, perawatan juga kami perbuat pada box panel seluruh kota. Terjadinya mati lampu penerangan jalan juga tidak jarang ada persoalan pada box panel mengalami trip alias biasa disebut anjlok. Setiap orang staf tekhnis yang melakukan penugasan keliling malam juga dilengkapi dengan kunci bok panel, jika ketika lewat ada lampu yang mati bisa secara langsung dinyalakan MCB nya.



Selain perawatan pada lampu juga dilakukan perawatan pada kabel kabel instalasi, seringnya penggalian kabel Telkom, instalasi air PDAM, yang sering dilakukan tanpa adanya koordinasi dengan dinas, serta penancapan bendera umbul umbul akan mengakibatkan kabel instalasi bawah tanah mengalami ukiran goresan yang mengakibatkan arus singkat alias konsleting. Akibat dari ukiran goresan kecil jadi akan berakibat fatal hingga kabel instalasi bawah tanah terbakar. Apabila belum diketahui sebelah mana yang tergores jadi kabel instalasi bawah tanah akan terinduksi dengan tanah yang berakibat tanah disekitarnya nyetrum serta berbahaya sangat besar bagi warga awam. Sebelum terjadi faktor kurang baik yang tidak diharapkan jadi kami akan melakukan pengecekan kebocoran kabel instalasi bawah tanah dengan cara selalu dengan tutorial memakai tang amper pada posisi volt meter. Apabila terjadi kebocoran jadi tanah disekitar akan ada arusnya yang bisa dibaca dengan volt meter.

Perawatan tiang listrik pada Penerangan Lampu Penerangan Jalan juga tidak luput dari pantauan kami. Sering juga ada pencuri yang melepas baut baut pada tiang listrik yang bisa berakibat robohnya tiang listrik tersebut. Korosi juga bisa berakibat fatal, biasanya terjadi di kawasan pantai sebab udaranya mengandung garam. Setelah kami anggap tiang listrik itu tidak aman,  jadi akan segera kami ganti yang baru. Pada proyek pengadaan Lampu Penerangan Jalan Umum hingga pada tahun ini jadi semua tiang listrik diganti dengan yang berbahan GALVANIS yang tahan kepada korosi jadi kekhawatiran tiang listrik roboh dampak korosi akan berkurang.

Selain perawatan pada lampu, box panel, serta tiang listrik. Perawatan juga dilakukan pada kendaraan truk yang biasa kita pakai untuk operasional kami sehari hari. Karena kendaraan truk yang kami pakai adalah tipe hidrolis yang rawan akan kerusakan serta berakibat sangat fatal bagi kami para pekerja. Alat alat keselamatan juga sangat berperan penting bagi kami pada ketika melakukan pekerjaan seperti, sabuk pengaman, sarung tangan, serta juga helm keselamatan. Sabuk pengaman bertujuan sebagai pengikat tubuh jika diatas tiang listrik supaya tidak jatuh. Sarung tangan bertujuan melindungi kami dari bahaya tersengat ajaran listrik serta juga melindungi kami dari benda benda tajam. Helm keselamatan juga sangat berperan penting melindungi kepala kami dari benda benda yang jatuh dari atas. Pekerjaan kami beresiko tinggi jadi sangat memerlukan alat alat keselamatan semacam diatas.

Perbaikan Lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang biasanya kami lakukan terdiri dari :
1.    Perbaikan lampu-lampu
2.    Perbaikan instalasi
3.    Perbaikan box box panel PHB
Untuk pembahasan perbaikan tersebut diatas, akan saya lanjutkan pada tulisan berikutnya ….

Custom Search

0 Response to "Perawatan Penerangan Jalan Umum (PJU)"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik