Ribuan PJU Mati Pasca Banjir Besar



Pasca-banjir besar yang menerjang wilayah Kabupaten Indramayu pada Januari lalu, ribuan penerangan jalan umum (PJU) mati. Namun sampai saat ini belum ada tanda-tanda perbaikan. Akibatnya, keadaan jalan yang rusak dan gelap pada malam hari sangat rawan menyebabkan kecelakaan dan kriminalitas.

Ribuan PJU yang mati tersebar di beberapa ruas jalan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Indramayu. Di antaranya ruas jalan di Kecamatan Jatibarang, Widasari, Lohbener, dan sejumlah titik di sepanjang jalur Pantura.  “Padahal ruas jalan itu satu-satunya jalan masuk jalan bagi saya untuk untuk pergi dan pulang dari rumah ke kantor,” kata Ahmad, warga Jatibarang.

Ahmad tak jarang dihantui kecelakaan apabila pulang kerja pada malam hari. Sebab, jalanan sangat gelap lantaran sama sekali tak ada penerangan jalan umum yang menyala. Lubang berkapasitas kecil sampai besar pun menyebar di sepanjang ruas jalan itu. Tak hanya takut mengalami kecelakaan, dirinya juga khawatir menjadi korban begal motor. “Tolong terhadap pemerintah supaya segera mengganti lampu jalan yang mati demi keamanan dan kenyamanan masyarakat pemakai jalan,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Bidang Penerangan Jalan Umum Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Indramayu Darsa Sudarman membenarkan bahwa tak sedikit PJU di Indramayu yang mati. “Penyebabnya sebab banjir besar yang terjadi Januari lalu,” katanya.



Ribuan PJU Mati Pasca Banjir Besar

Menurut dia, PJU yang mati tersedia di kurang lebih 3.000 titik yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Indramayu. “Akibat banjir,  kabel yang ditanam di bawah tanah pun menjadi korslet, jadi tak sedikit PJU yang juga mati,” kata Darsa.

Darba berkata pihaknya telah mengajukan permintaan bantuan pergantian PJU yang mati terhadap Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Tapi sampai pertengahan April ini permintaan tersebut belum ditanggapi. Padahal dana yang  diperlukan untuk membenahi PJU yang rusak tak sedikit. “Untuk satu PJU saja  diperlukan biaya Rp 5 juta. Dana ini di antaranya untuk pembelian lampu, tutup lampu, tiang, sampai ongkos pekerja,” katanya.

Custom Search

0 Response to "Ribuan PJU Mati Pasca Banjir Besar"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik