Kendala Lain dari PJU



Sering kita melihat berita dimana-mana, baik di televisi, media cetak atau pun media elektronik lainnya tentang fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) yang kurang terawat. Baik kabel instalasi yang berhamburan dan berantakan, atau kap lampu yang pecah, lampu jalan yang tidak pernah dimatikan walaupun disiang hari, dan berita negatif lainnya.

Banyak permasalahan dan kendala yang harus dihadapi oleh Bidang atau Dinas Penerangan Jalan Umum (PJU) yang ada disetiap daerah di Indonesia. Selain kurangnya kesadaran masyarakat untuk membantu menjaga dan memelihara fasilitas umum ( baca : peran serta masyarakat sangat diharapkan ), permasalahan internal dan juga permasalahan eksternal yang harus dihadapi oleh pemerintah melalui dinas terkait juga tidak sedikit.



Terdapat beberapa persoalan klasik yang banyak terjadi dibeberapa pemerintah daerah di Indonesia. Misalnya kekurangan staf, khususnya staf teknis yang bekerja dilapangan untuk melakukan berbagai pekerjaan baik pekerjaan yang sifatnya rutin seperti menyalakan lampu jalan di sore dan mematikan lampu di pagi hari atau pekerjaan rutin lainnya, atau pekerjaan yang sifatnya "mendadak" misalnya adanya permintaan dari masyarakat untuk melakukan pemasangan penerangan jalan umum disuatu daerah.


Selain kurangnya staf teknis, kurangnya anggaran juga selalu menjadi alasan klasik lainnya. Dengan kurangnya anggaran yang tersedia pada suatu pemerintah daerah, khususnya anggaran untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) sehingga kinerja dinas tidak bisa maksimal, dan aspirasi masyarakat akan penerangan jalan tidak semuanya bisa terpenuhi. Juga instalasi jaringan penerangan jalan umum yang berhamburan dan jauh dari segi keamanan dan prosedur teknis juga menjadi akibat dari kurangnya anggaran ini.

Jika mengikuti aturan yang ada tentang instalasi seperti yang tercantum dalam Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL), maka anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit. Sehingga kelihatan kabel-kabel yang berhamburan dan sambungan yang kurang memadai dari segi teknis dan keamanan.

Kedepan, semoga semua permasalahan yang ada ini sedikit demi sedikit bisa berkurang.


sumber gambar : www.instalasilistrikrumah.com
Custom Search

2 Responses to "Kendala Lain dari PJU"

  1. Mantap nih bLognya gan, cukup detiL. Lanjutkan!...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makah gan kunjungannya, mohon saran kritiknya (kita tukar ilmu dan pengalaman)

      Hapus

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik