Pekerjaan Listrik, Pekerjaan dengan Resiko Tinggi



Setiap pekerjaan pasti memiliki resiko yang berbeda-beda, baik jenis maupun tingkat resiko dari suatu pekerjaan. Begitu juga pekerjaan Penerangan Jalan Umum (PJU), karena pekerjaan ini berhubungan dengan listrik yang resiko pekerjaannya termasuk tinggi misalnya cacat seumur hidup hingga dapat menyebabkan kematian.

Tidak sedikit jatuh korban luka-luka atau sampai meninggal saat melaksanakan tugas. Seperti yang dilansir dari "tribunnews", seorang tekhnisi dariPerusahaan Listrik Negara (PLN) ditemukan tewas tergantung di atas kabel jaringan tegangan tinggi milik PLN. Petugas tersebut diduga tewas karena tersengat aliran listrik tegangan tinggi saat

melakukan pemasangan instalasi listrik dari tiang listrik ke rumah pelanggan.

Ilustrasi
Kejadian lain yang menggambarkan tingginya resiko dari petugas baik petugas dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), maupun petugas dari instansi/dinas yang menaungi bidang Penerangan Jalan Umum adalah saat dua petugas PLN yang sedang bekerja memperbaiki jaringan. Diduga saat kedua petugas tersebut tengah bekerja, terjadi korsleting/hubungan arus pendek, keduanya langsung berusaha meloncat dari tiang tersebut, namun naas dialami salah satu petugas karena dia jatuh diatas kabel dan melintang disana, sedangkan temannya berhasil menyelamatkan diri sampai ditanah.

Petugas dari kepolisian, dibantu oleh warga sekitar berusaha mengevakuasi korban yang melintang diatas kabel, beruntung nyawa petugas tersebut masih selamat, dan saat dievakuasi korban dalam keadaan pingsan dan luka bakar ditangan.

Masih banyak kejadian lain yang tentunya memerlukan perhatian yang lebih mengenai prosedur keselamatan kerja yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh petugas yang bekerja dengan tingkat resiko tinggi, sehingga diharapkan tidak akan pernah terjadi lagi kejadian yang hingga merenggut nyawa.


sumber berita diolah dari :
www.tribunnews.com dan www.beritasatu.com

sumber gambar :
www.okebung.com


Custom Search

3 Responses to "Pekerjaan Listrik, Pekerjaan dengan Resiko Tinggi"

  1. wah... jadi takut ama listrik kak hehehe back www.indocyber-sharing.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. "jangan terlalu"
      trims kunjungannya, ditunggu kunjungan berikutnya...

      Hapus
  2. tapi kalo saya kan cewek, pasti jadi takut nih...

    BalasHapus

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik