Pengalamanku di Bidang PJU (Bagian 1)



Selama kurang lebih 5 tahun saya bekerja di Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Bima - NTB. Banyak suka duka serta pengalaman yang aku dapatkan selama bekerja disana.

Walaupun aku adalah seorang Sarjana Teknik Elektro, namun pengetahuan ku tentang listrik masih sangat kurang (maklum, kuliah gak niat), dan pengalamanku secara langsung (praktek) bisa dibilang hanya 5%. Jadi aku sangat senang ketika Pemerintah Kota Bima menempatkan aku sebagai staf di Bidang PJU - DKPP.

Secara garis besar, staf di bidang PJU - DKPP dibagi menjadi 2 yaitu staf teknis dan staf administrasi. Staf teknis bertugas dilapangan yaitu mengontrol lampu-lampu jalan, fasilitas penunjang dan sarana prasarana dari jaringan Penerangan Jalan Umum di Kota Bima. Mereka harus memastikan lampu menyala dimalam hari dan mematikan lampu dipagi hari.

Sedangkan staf administrasi bertugas untuk membuat laporan pekerjaan teman-teman dilapangan, surat-menyurat, rekapan absen staf bidang PJU dan semua hal yang berhubungan dengan administrasi.

Ilustrasi
Walaupun aku adalah seorang PNS, namun akun tidak merasa malu untuk banyak bertanya dan belajar kepada teman-teman teknis yang kebanyakan masih berstatus honor daerah atau tenaga kontrak. Dari mereka aku banyak mengerti dan bisa mempraktekkan ilmu yang aku dapat selama aku kuliah.

Aku bisa praktek cara membuat sambungan kabel yang baik dan benar, cara menyetel time switch, cara memasang panel box, dan banyak hal lain yang sebagian besar masih "baru" untukku. 

Selain dari teman-teman teknis, aku juga banyak belajar banyak hal khususnya yang berhubungan dengan listrik, dari Kepala Bidang ku. Walaupun beliau bertitel Sarjana Sosial, namun pengetahuan beliau tentang listrik sangat luas, dan pengalamannya juga sangat banyak.

Dari ini semua, aku bisa mengambil pelajaran "Untuk bisa, jangan pernah malu bertanya dan belajar, walaupun kepada orang yang statusnya dibawah kita".


sumber gambar : www.pixabay.com
Custom Search

2 Responses to "Pengalamanku di Bidang PJU (Bagian 1)"

  1. mas gimana sih cara turunin alexa rank ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl pastinya saya kurang tau, soalnya saya juga baruuuu sekali belajar nge blog non, tp setau saya yg penting konten, trafik dan backlink, nanti pasti turun alexa rank nya

      Hapus

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik