Pengalamanku di Bidang PJU (Bagian 2)



Ternyata Administrasi Tidak Semudah yang Ku Kira

Banyak suka dan duka serta pengalaman yang aku dapatkan selama aku bekerja di Bidang Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Bima. Tentu saja tidak semua bisa aku tulis dan ceritakan disini.

Pada tulisan ku sebelumnya tentang pengalamanku belajar semua hal tentang listrik dan penerangan jalan umum, sekarang aku akan menulis tentang pengalamanku yang lainnya. Dan dari pengalaman ini aku juga bisa banyak belajar dan mengambil hal-hal penting terutama dalam hal administrasi.

Saat itu kantor kami kedatangan Tim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) yang datang ke Kota Bima 

untuk memeriksa administrasi keuangan beberapa Dinas/Badan/Kantor yang ada di Kota Bima, dan kebetulan kantor tempat aku bekerja merupakan salah satu yang terkena "sial" karena ikut diperiksa.


Ilustrasi
Banyak hal dan banyak orang yang diperiksa, dan walaupun aku bukan seorang pejabat atau bendahara di dinas tempat aku bekerja, dan aku juga bukan seorang yang pantas untuk diperiksa, namun aku ikut mendampingin bos ku selama pemeriksaan. Dari sekian banyak item yang diperiksa, kebanyakan masalah administrasi yang "kurang beres".

Dari pemeriksaan ini aku bisa mengambil beberapa pelajaran, khususnya mengenai administrasi perkantoran, bahwa untuk semua "belanja modal" yang sumber dananya dari APBD atau APBN, administrasinya harus sangat lengkap, bahkan satu lembar surat pun tidak boleh hilang atau terlupakan. Selain itu pelajaran yang bisa aku ambil bahwa "prosedur administrasi" harus tertib, maksudnya harus sesuai urutannya dari awal hingga terakhir.

Walaupun pekerjaan fisik sudah benar dan sesuai dengan aturan, namun jika ditemukan kesalahan administrasi baik itu surat-surat yang tidak lengkap, atau prosedur administrasi yang salah, maka akan bisa menjadi temuan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Jadi, kesimpulanku "Administrasi, termasuk Administrasi Perkantoran Tidak Semudah yang Ku Kira"


sumber gambar : www.pixabay.com



Custom Search

0 Response to "Pengalamanku di Bidang PJU (Bagian 2)"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik