Peran Serta Masyarakat Sangat Diharapkan



Sebagian besar masyarakat kadang berpikir bahwa fasilitas umum baik milik negara atau pun milik pemerintah daerah adalah bukan tanggung jawab mereka, itu adalah tanggung jawab mutlak dari negara dan pemerintah daerah. Menurut pendapat saya tentu saja itu adalah suatu pemikiran yang keliru karena fasilitas umum pengadaannya adalah tanggung jawab pemerintah.

Namun dari segi pemeliharaan, secara tidak langsung merupakan tanggung jawab masyarakat juga. Masyarakat bertanggung jawab untuk menjaga fasilitas umum dari oknum-oknum atau tangan-tangan jahil yang berniat merusak fasilitas umum. Keberadaan fasilitas umum yang diadakan oleh pemerintah adalah untuk masyarakat.

Selama ini, banyak sekali fasilitas umum yang rusak entah karena disengaja atau pun tidak, dan ini merupakan permasalahan eksternal yang dihadapi oleh pemerintah daerah. Fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) juga tidak luput dari tangan-tangan jahil, banyak dijumpai kap lampu yang pecah karena dilempar secara sengaja, maraknya aksi pencurian kabel jaringan dan masih banyak hal lain yang disebabkan karena masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam hal ikut menjaga keberadaan fasilitas umum.


pengrusakan fasilitas umum oleh oknum masyarakat
sumber foto : Bidang PJU DKPP Kota Bima

Masyarakat tidak sadar bahwa semua fasilitas umum tersebut berasal dari uang masyarakat yang didapatkan dari pajak, dan untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) didapatkan salah satunya dari Pajak Penerangan Jalan (PPJ).

Semoga kedepan masyarakat akan semakin sadar bahwa fasilitas umum adalah milik bersama, milik pemerintah dan masyarakat jadi bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah saja untuk menjaga dan memeliharanya.
Custom Search

0 Response to "Peran Serta Masyarakat Sangat Diharapkan"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik