Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED untuk PJU



Penggunaan lampu pada Penerangan Jalan Umum (PJU) saat ini kebanyakan masih menggunakan lampu dengan jenis yang boros energi, sehingga terjadi pemborosan biaya untuk membayar tagihan listrik PJU. Bahkan dibeberapa daerah terjadi masalah antara pemerintah daerah dengan PLN terkait masalah tagihan listrik PJU. 

penggunaan lampu LED untuk penerangan jalan umum (PJU)
sumber gambar : www.dmxledlights.com

Namun dibeberapa daerah di tanah air, saat ini mulai menyadari perlunya beralih dari penggunaan lampu biasa ke lampu LED (Light Emitting Diode) karena lampu jenis ini terkenal ramah lingkungan dan irit dari segi ekonomis dan tekhnis. 

Walaupun diperlukan investasi awal yang cukup besar untuk penggunaan lampu LED ini, namun dampak jangka panjang akan terdapat pengiritan setiap bulannya, khususnya untuk pembayaran tagihan rekening listrik PJU.

Namun selain beberapa kelebihan dari penggunaan lampu LED, juga terdapat beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan penggunaan lampu LED :

Kelebihan

LED hidup lebih lama dari lampu biasa
dan dapat mencapai hingga 30.000 jam sehingga bisa menghemat untuk investasi jangka panjang
LED tidak menghasilkan sinar UV, sehingga tidak panas
• Lampu LED tidak merusak warna
Memiliki 80% -90% efisiensi dari cahaya lainnya. LED mendukung tegangan listrik rendah
Tidak mengandung merkuri sehingga lampu LED ramah lingkungan
Kecil dan praktis

Kekurangan

LED
juga memiliki beberapa kekurangan yang membuat orang malasuntuk menggunakannya. Tampaknya bahwa beberapa kekurangan berikut juga mempengaruhi konsistensi beberapa Pemerintah Daerah untuk menggunakan lampu LED pada Penerangan Jalan Umum (PJU).

• Harga
lampu LED per unit nya relatif masih terlalu mahal
Intensitas cahaya kecil

Namun karena
pertimbangan efektivitas, maka beberapa Pemerintah Daerah mulai mengalihkan penggunaan lampu Penerangan Jalan Umum yang biasa digunakan selama ini ke lampu LED. Bahkan, banyak negara telah menerapkan penggunaan lampu LED ini untuk Penerangan Jalan Umum dinegara mereka.

Custom Search

0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED untuk PJU"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik