Cara Instalasi Listrik



Pengertian instalasi listrik adalah suatu pekerjaan merangkai beberapa komponen listrik sehingga menjadi satu kesatuan rangkain yang berfungsi dengan baik dengan tempat dan tujuan tertentu.

Sedangkan orang yang melakukan pekerjaan instalasi listrik disebut dengan instalatir. Mungkin semua bisa merangkai beberapa komponen listrik, namun tidak semua orang bisa merangkainya hingga dapat bekerja dengan baik dan memenuhi unsur keamanan menurut standar PUIL.

Untuk menjadi seorang instalatir, diperlukan keahlian khusus yang ditandai dengan adanya sertifikat kelayakan sebagai seorang instalatir.



hal yang harus diperhatikan saat memasang instalasi listrik


Sebelum melakukan pekerjaan instalasi listrik, baik berupa instalasi listrik rumah tinggal sederhana, gedung bertingkat, hotel, pabrik dan lain sebagainya, hendaknya terlebih dahulu mengetahui dan memahami beberapa hal mendasar, diantaranya :

-    Mempersiapkan Gambar Instalasi Listrik
Gambar denah instalasi listrik sangat penting, selain sebagai acuan instalatir untuk bekerja, juga dapat digunakan dikemudian hari jika terdapat masalah atau gangguan pada instalasi listrik tersebut. Dengan adanya gambar denah tersebut, bisa diketahui letak penempatan komponen-komponen listrik yang dipasang, sehingga mempermudah perawatan dan pemeliharaan dikemudian hari.


-    Mempersiapkan Alat dan Peralatan Kerja
Setelah mempelajari dan memahami gambar denah instalasi yang akan dikerjakan, sebaiknya persiapkan alat dan peralatan instalasi listrik yang akan digunakan misalnya tang, obeng, cutter, tespen, tangga, scaffolding dan peralatan lainnya yang diperlukan

-    Mempersiapkan Material Instalasi Listrik
Material atau bahan yang akan digunakan dalam pekerjaan instalasi listrik juga harus diperhatikan. Kebanyakan masyarakat khususnya mereka yang merupakan masyarakat kelas menengah ke bawah lebih memilih harga material instalasi listrik yang murah tanpa memperhatikan kualitas dan mutu dari material peralatan listrik yang digunakan. 


Instalatir harus mengetahui cara menghitung material instalasi listrik yang diperlukan, dan selanjutnya disampaikan dan memberikan saran kepada pemilik rumah untuk membeli material yang memenuhi standar mutu.

Banyak kerugian jika kita menggunakan material yang murah dan tidak memenuhi standar mutu, biasanya instalasi tidak akan bertahan lama dan akan sering mengalami gangguan yang akibatnya harus diperbaiki dan mengeluarkan biaya lagi. Selain itu, penggunaan material yang murah dan tidak memenuhi standar mutu juga dapat menyebabkan terjadinya percikan api jika suatu saat terjadi arus pendek / konsleting yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran.

-    Memperhatikan Keselamatan Kerja
Seorang instalatir juga harus memperhatikan keselamatan kerja untuk dirinya. Jadi sebelum melaksanakan pekerjaan, periksa kembali alat dan peralatan yang akan digunakan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Custom Search

0 Response to "Cara Instalasi Listrik"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik