Instalasi Listrik Rumah Tinggal Sederhana



Rumah tinggal sederhana biasanya hanya memiliki sedikit ruangan, dan ukuran rumahnya pun tidak terlalu luas, sehingga instalasi listrik rumah tinggal sederhana tidak terlalu rumit, tidak seperti instalasi listrik hotel atau gedung bertingkat yang tingkat kesukaran juga tinggi.

Karena itu, material listrik yang akan digunakan pada instalasi listrik rumah tinggal sederhana tidak terlalu banyak. Beberapa komponen listrik yang biasanya digunakan pada rumah tinggal sederhana diantaranya adalah :

-    Pengaman Hubung Singkat dan Pembatas Arus (MCB)
MCB merupakan singkatan dari Miniature Circuit Board adalah switch pembatas arus akibat dari kenaikan daya atau tegangan yang melebihi batas dan atau hubung singkat / arus pendek.

Untuk rumah tinggal sederhana, biasaya daya yang digunakan hanya 450 watt atau 900 watt, sehingga besarnya MCB yang diperlukan untuk rumah tinggal sederhana biasanya MCB 2A atau MCB 4A.

mcb dengan pemutus secara elektrik
 Pengaman Elektrik


mcb dengan pengaman lebur
Pengaman Lebur

   
-    Saklar
Umumnya saklar yang digunakan untuk rumah tinggal sederhana adalah saklar tunggal dan saklar seri.

saklar tunggal dan saklar seri

Saklar tunggal adalah saklar yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan satu beban listrik yang biasanya berupa lampu penerangan.
Saklar seri adalah saklar yang digunakan untuk menghidupkan atau mematikan lebih dari satu beban listrik atau lampu penerangan.

-    Stop Kontak
Pengertian stop kontak adalah komponen/material listrik yang berfungsi untuk menghubungkan sumber listrik (biasanya dari PLN atau genset) dengan peralatan listrik yang akan digunakan.

Untuk menghubungkan peralatan listrik dengan sumber listrik pada stop kontak, diperlukan material listrik yang lain yang disebut steker yang ditancapkan atau dipasang pada stop kontak.

Berdasarkan tempat memasangnya, stop kontak di bagi menjadi dua : yang pertama adalah stop kontak yang dipasang didalam tembok, dan yang kedua adalah stop kontak yang dipasang diluar tembok atau menempel di dinding.

stop kontak yang ditanam dalam tembok


 stop kontak yang dipasang menempel ditembok


-    Fitting Lampu
Pengertian fitting lampu adalah suatu komponen/material listrik sebagai tempat untuk memasang lampu atau bisa juga disebut dengan rumah lampu.

Berdasarkan kedudukannya, fitting lampu dapat dibedakan menjadi 2 kategori umum ; pertama adalah fitting tempel/duduk yang biasanya kedudukannya menempel di tembok atau dinding bangunan, dan yang kedua adalah fitting gantung yang biasanya menggantung pada langit-langit rumah atau bangunan.

fitting yang menempel ditembok atau dinding rumah
 fitting tempel/duduk


fitting yang dipasang menggantung dilangit-langit bangunan
 fitting gantung

-    Bola Lampu
Saat ini bentuk, jenis dan kegunaan lampu sudah semakin banyak dan bervariasi. Jika dulu bola lampu kebanyakan hanya digunakan untuk penerangan, namun saat ini fungsi bola lampu bukan hanya itu. Saat ini bola lampu selain untuk penerangan juga banyak digunakan untuk menghias atau dekorasi untuk menambah keindahan dan estetika suatu bangunan atau tempat.

Namun untuk rumah tinggal sederhana, bola lampu yang digunakan biasanya hanya bola lampu pijar dan atau bola lampu TL, karena hanya berfungsi sebagai penerangan khususnya dimalam hari.

-    Kabel
Kabel juga memiliki banyak jenis dan ragam bentuk serta ukurannya. Namun untuk rumah tinggal sederhana, biasanya pemilik rumah lebih memilih kabel dengan harga yang murah, namun kadang tidak terjamin kualitas dan mutunya, yang pada akhirnya akan menimbulkan masalah dikemudian hari misalnya kabel yang mudah terbakar atau terkelupas isolasinya.

Jadi sebaiknya gunakanlah kabel yang memenuhi standar kualitas mutu, minimal dari ukuran diameter penampang kabel agar tidak mudah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.

-    Isolasi Kabel
Isolasi kabel digunakan untuk menutup sambungan pada kabel-kabel agar tidak mudah tersentuh manusia yang bisa menyebabkan kesetrum. Selain itu isolasi kabel juga digunakan agar setiap sambungan menjadi aman dan tidak mudah menempel antara sambungan kabel yang satu dengan sambungan yang lain yang akan menimbulkan arus pendek.

-    Pipa Listrik dan Perlengkapannya
Pipa listrik digunakan untuk melindungi kabel agar tidak mudah terkelupas isolasinya, sehingga meningkatkan keamanan baik untuk instalasi listrik nya maupun untuk manusia.

Itulah beberapa komponen/material listrik yang biasanya dijumpai pada instalasi listrik rumah tinggal sederhana. Tentunya akan sangat jauh berbeda dengan material listrik yang akan digunakan pada bangunan gedung bertingkat, hotel atau pabrik.


Custom Search

0 Response to "Instalasi Listrik Rumah Tinggal Sederhana"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik