Berbagai Kejahatan Jalanan Tanpa PJU



Jalanan tanpa penerangan jalan umum ibarat sayur tanpa garam. Tentu sudah barang pasti bila sayur akan menjadi hambar dan bahkan dicaci kalau tak ada rasanya. Begitu pula jalanan yang tak ada penerangan, selain bahaya juga menimbulkan makian orang akibat kecelakaan atau kena sial menjadi korban kriminalitas karena tidak ada atau berkurangnya keamanan. Bisa jadi jalanan tanpa penerangan jalan menjadi tempat melakukan hal asusila yang biasa dilakukan oleh pasangan muda-mudi yang amoral.

Jalanan memang menyimpan banyak cerita. Oleh karena itu jalanan harus diberi keamanan dan juga sarana yang memadai. Jalanan yang sedang rusak, bergelombang, bahkan berlubang dapat menyebabkan kecelakaan fatal. Dengan adanya penerangan jalan, hal tersebut bisa diminimalisir. 




Berbagai Kejahatan Jalanan Tanpa PJU

Beberapa hal berupa kejahatan yang akibat jalanan tanpa penerangan jalan umum adalah misalnya adalah:


1.    Kejahatan Jalanan Umum
Hal ini sudah menjadi rahasia umum, bila jalanan adalah tempat yang sangat rawan dengan tindak kejahatan. Kejahatan baik kriminalitas maupun kejahatan asusila. Banyak yang melakukan tindakan kejahatan karena adanya kesempatan. Kalau keadaan gelap otomatis jarang masyarakat yang tahu terjadinya sesuatu hal. Namun apabila jalanan terang bisa dipastikan hal ini dapat diminimalisir. Kejahatan umum biasanya adalah penyebaran paku yang dilakukan untuk keuntungan sepihak oleh oknum yag tidak bertanggung jawab yang hanya mencari keuntungan sendiri.

2.    Kejahatan Asusila
Jalanan yang gelap juga merupakan faktor yang menyebabkan kejahatan asusila. Wanita yang pulang malam dan tanpa didampingi orang laki-laki sehabis pulang kerja dan sebagainya juga rawan untuk menjadi sasaran kejahatan. Wanita sebaiknya harus berhati-hati melewati jalanan yang memiliki penerangan jalan umum yang tak memadai.

3.    Tindak Kejahatan Begal
Tindak kejahatan memang menjadi momok yang sangat menakutkan, terlebih kejahatan ini terjadi di jalanan. Oleh karena itu jalanan yang kurang penerangan jalan sangatlah rawan begal mengingat kejahatan ini berlaku di jalanan yang sepi. Maka dari itu para pengguna kendaraan bermotor atau mobil sebisa mungkin tidak melewati jalanan yang gelap sendirian. Kita bisa meminta bantuan teman atau siapa saja untuk menemani bila terpaksa harus lewat.

4.    Kejahatan Perampasan
Ini biasanya terjadi dengan tindakan menodong, merampok, ataupun menjambret. Semua tindakan kriminal ini sangat meresahkan masyarakat khususnya saat malam hari. Selain itu jalanan yang lengang dan gelap menambah tingkat kejahatan di titik tersebut sangat rawan. Tips bagi pengendara, paculah kendaraan anda dengan tempo yang cepat saat melintas di jalan tersebut. 


Bagi wanita pakailah pakaian yang cukup sopan agar tidak membuat orang lain memiliki niatan yang jahat. Jangan memperlihatkan perhiasan atau memamerkan gadget maupun gelagat yang menarik perhatian. Kejahatan jalanan ini sangat sering terjadi menjelang lebaran dimana banyak pemudik yang belum tahu titik rawan terjadinya tindak kriminalitas. Dan ini menjadi sasaran empuk pelaku kejahatan.


Jadi jika dikelompokkan, dampak buruk yang banyak atau sering terjadi dari tidak ada atau kurangnya fasilitas penerangan jalan umum adalah maraknya tindak kriminalitas dan sering terjadinya kecelakaan dari pengendara dan pengguna jalan lainnya.
Custom Search

0 Response to "Berbagai Kejahatan Jalanan Tanpa PJU"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik