Merawat Penerangan Jalan Umum untuk Kepentingan Bersama



Apa yang anda ketahui tentang penerangan jalan umum? Sudah barang pasti penerangan jalan umum ialah fasilitas jalan berupa penerangan di malam hari atau saat berkabut agar pengguna jalan nyaman dan terhindar dari tindak kejahatan maupun kecelakaan. Berbagai problematika muncul akibat beragam faktor atau penyebab. 

Penerangan jalan umum sebagai salah satu upaya menekan terjadinya laka lantas sangatlah mutlak diperlukan. Namun sayangnya, penerangan jalan umum ini kurang merata disebagian wilayah Indonesia. Kalau di perkotaan, insfrastrukturnya sudah cukup memadai, namun di daerah sarana penerangan jalan umum ini kurang dan sangat membahayakan. Sudah menjadi tanggung jawab masing-masing Pemda untuk mengadakan sarana dan prasarana penerangan jalan umum di daerahnya. Mungkin masalah klasik yakni dana menjadi salah satu penyebabnya, dan pengawasan terkait hal tersebut sangat kurang.

Merawat Penerangan Jalan Umum untuk Kepentingan Bersama


Merawat penerangan umum sudah harus menjadi tanggung jawab bersama. Peran masyarakat juga sangat penting, mengingat penerangan jalan umum ini juga diperuntukkan bagi masyarakat sendiri. Masyarakat harus ikut mengawasi dan juga mengontrol keamanan maupun saran yang membangun untuk dinas terkait. Lalu bagaimana cara merawat penerangan umum bagi semua pihak yang bersangkutan, langsung saja kita simak berikut ini:

1. Peran Warga Masyarakat
Mungkin kalau penerangan jalan umum di jalan tol atau jalan raya masyarakat kurang bisa mengontrol, karena sudah diatur oleh pengelola. Namun penerangan jalan umum di sekitar rumah penduduk, masyarakat masih bisa mengawasi keamanan dan bisa memberikan saran kepada pihak terkait. Biasanya penerangan jalan umum ini kurang keamanannya. Banyak tangan usil yang merusak bahkan mengambil secara paksa. Hasilnya masyarakat lain dirugikan. Untuk itu perlu adanya keamanan seperti ronda atau tindakan tegas berupa sanksi pidana yang dapat membuat pelaku vandalism atau pencurian jadi jera.

2. Peran Perusahaan Listrik Negara
PLN sebagai perusahaan listrik negara harus bersikap tegas mengawasi penerangan umum. PLN harus rutin mengontrol tegangan di rumah-rumah warga agar tidak terjadi kerugian negara. Selain itu, penerangan umum di jalan yang besar harus diawasi. Kalau ada lampu yang mati harus segera ditangani. 

3. Pemerintah
Pemerintah selaku pemangku kekuasaan memiliki wewenang menentukan kebijakan. Pemerintah daerah sebagai pemilik kebijakan, sudah selayaknya memerhatikan daerahnya yang belum diberi fasilitas publik berupa penerangan jalan umum. Padahal masyarakat sudah setiap bulan membayar melalui pajak listrik yang dibebankan dalam pembayaran rutin listrik tiap bulan.

Bagi sebagian orang penerangan umum ini sudah selayaknya nyawa di malam hari. Artinya, penerangan jalan umum ini bagi orang yang suka pulang malam karena bekerja, dan sebagainya adalah hal yang amat penting. Lampu penerangan di malam hari sangat dibutuhkan untuk menghindari kecelakaan akibat jalan rusak maupun akibat kerawanan kejahatan jalanan yang semakin menjadi-jadi. 


Custom Search

0 Response to "Merawat Penerangan Jalan Umum untuk Kepentingan Bersama"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik