Prinsip Kerja PJU dengan Sistem Solar Cell



Lampu penerangan jalan umum atau sering disingkat PJU, dengan kemajuan teknologi serta inovasinya memiliki beberapa model, jenis dan sistem kerja, model konvensional atau model lama, lampu ini masih menggunakan lampu mercuri yang membutuhkan daya watt yang besar, umumnya diatas 100 Watt.

Dengan kemajuan teknologi, kini lampu penerangan jalan umum sudah memakai Light Emitting Diode atau disingkat LED sebagai sumber cahayanya, dengan memanfaatkan LED sebagai sumber cahaya maka tidak diperlukan lagi daya yang tinggi, dan dengan model lampu LED ini sangat memungkinkan untuk diaplikasikan dengan sistem solar cell atau sistem listrik tenaga surya.

Pada intinya prinsip kerja dari PJU solar cell itu simpel, yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik, dalam sistem solar cell cahaya matahari merupakan salah satu bentuk energi dari sumber daya alam, sumber daya alam matahari ini sudah banyak digunakan untuk memasok daya listrik di satelit komunikasi melalui sel surya, sel surya ini dapat menghasilkan energi listrik dalam jumlah yang tidak terbatas langsung diambil dari matahari untuk mendapatkan efisiensi dan penghematan listrik dalam sistem solar cell, tanpa ada bagian yang berputar dan tidak memerlukan bahan bakar, sehingga sistem sel surya sering dikatakan bersih dan ramah lingkungan.

Prinsip Kerja PJU dengan Sistem Solar Cell


Panel sel surya yang merupakan aspek terpenting pendukung sistem solar cell merupakan modul yang terdiri dari beberapa sel surya yang digabung dalam menghubungkan seri dan paralel, tergantung ukuran dan kapasitas yang diperlukan dalam implementasi solar cell, yang sering digunakan adalah modul sel surya 20 watt atau 30 watt, modul sel surya itu menghasilkan energi listrik yang proporsional dengan luas permukaan panel yang terkena sinar matahari.

Sel surya sendiri terdiri kaca pelindung dan material adhesive transparan yang melindungi bahan sel surya dari keadaan lingkungan, material anti-refleksi untuk menyerap lebih banyak cahaya dan mengurangi jumlah cahaya yang dipantulkan, semi¬konduktor P-type dan N-type terbuat dari campuran Silikon untuk menghasilkan medan listrik, saluran awal dan saluran akhir tebuat dari logam tipis untuk mengirim elektron ke perabot listrik.

Cara kerja solar cell sendiri sebenarnya identik dengan piranti semikonduktor dioda. Ketika cahaya bersentuhan dengan sel surya dan diserap oleh bahan semi-konduktor, terjadi pelepasan elektron, apabila elektron tersebut bisa menempuh perjalanan menuju bahan semi-konduktor pada lapisan yang berbeda, terjadi perubahan sigma gaya-gaya pada bahan. Gaya tolakan antar bahan semi-konduktor, menyebabkan aliran medan listrik.

Teknologi PJU solar cell sistem yang lazim digunakan adalah sistem votovoltaik, Komponen utama sistem surya fotovoltaik adalah modul rakitan beberapa sel surya fotovoltaik, untuk membuat modul fotovoltaik secara pabrikasi bisa menggunakan teknologi kristal dan thin film. modul fotovoltaik kristal dapat dibuat dengan teknologi yang relatif sederhana, sedangkan untuk membuat sel fotovoltaik diperlukan teknologi tinggi.


Custom Search

0 Response to "Prinsip Kerja PJU dengan Sistem Solar Cell"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik