Pilih Mana? Pra Bayar Atau Pasca Bayar?



Saat ini jika masyarakat ingin mengajukan pemasangan listrik baru di PLN, maka akan lebih diarahkan untuk menggunakan listrik pra bayar, Kenapa? Banyak alasan atau kelebihan dengan menggunakan meteran listrik pra bayar dibandingkan dengan menggunakan meteran listrik pasca bayar yang biasanya selama ini kita gunakan.


kelebihan dan kekurangan listrik prabayar dan pasca bayar
sumber gambar : choreed.wordpress.com

Namun tentunya tidak semua anggota masyarakat mau menerima begitu saja meteran listrik pra bayar ini, karena kebanyakan dari masyarakat masih belum mengerti tentang meteran pra bayar ini, atau mungkin karena sulit meninggalkan kebiasaan lama yang menggunakan meteran pasca bayar.

Berikut ini beberapa kelebihan meteran pra bayar, sehingga saat ini setiap pengajuan pemasangan meteran baru akan lebih diarahkan menggunakan meteran pra bayar :
  1. Lebih mudah untuk mengendalikan pemakaian listrik. Maksud dan tujuannya adalah agar masyarakat pengguna listrik sendiri yang mengatur pemakaian listrik, peralatan listrik yang tidak diperlukan agar dimatikan, dan tujuan akhirnya adalah agar masyarakat mengirit pemakaian energi listrik.
  2. Mematok sendiri anggaran biaya listrik per bulan. Dengan menggunakan meteran pra bayar, maka masyarakat selain bisa belajar mengirit pemakaian energi listrik, masyarakat juga bisa mengatur biaya pengeluaran per bulan untuk listrik.
  3. Bebas dari pemutusan aliran listrik. Mungkin kita pernah mendapatkan teguran jika terlambat membayar listrik, atau mungkin diputus aliran listrik dirumah kita ketika menunggak pembayaran listrik selama beberapa bulan. Dengan pra bayar, maka kita tidak perlu khawatir untuk ditegur atau diputus aliran listrik kita, karena jika pulsanya habis maka pasokan listrik ke rumah kita akan terhenti.
  4. Terhindar dari kesalahan pencatatan angka meter listrik. Walaupun saat ini petugas pencatat telah dilengkapi dengan kamera untuk pencatatan, namun resiko kesalahan pencatatan meteran yang dilakukan oleh petugas masih mungkin terjadi, namun dengan menggunakan meteran pra bayar, hal tersebut tidak akan terjadi lagi.
  5. Dan masih banyak lagi kelebihan atau keuntungan menggunakan meteran listrik pra bayar.
Namun selain kelebihan yang sudah disebutkan diatas, tentu saja tetap terdapat (sedikit) kekurangan atau kelemahan, diantaranya adalah :
  1.  Pengguna listrik pra bayar akan sedikit kerepotan jika mengalami kehabisa pulsa listrik di tengah malam, karena sulit untuk mencari penjual pulsa listrik ditengah malam.
  2. Adanya suara buzzer yang cukup mengganggu saat pulsa listrik tinggal sedikit atau akan habis, dan suara buzzer ini akan terus berbunyi jika pulsa listrik belum diisi kembali.
Dari kelebihan dan kekurangan tersebut diatas, semoga masyarakat calon pengguna listrik bisa lebih mengerti kenapa PLN saat ini lebih mengarahkan kepada penggunaan meteran pra bayar.
Custom Search

4 Responses to "Pilih Mana? Pra Bayar Atau Pasca Bayar?"

  1. info sangat menarik nih
    http://imagina14.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sudah datang berkunjung gan, semoga betah...

      Hapus
  2. mbah google bring me here....ini artikel lama ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih dah berkunjung, artikel agak lama, soalnya jarang diupdate yang ini.

      Hapus

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik