Efisiensi Energi Lampu Led Untuk Penerangan Jalan Umum



Penerangan yang kita dapati di sepanjang jalan terkadang membuat kita bertanya – tanya berasal dari mana tenaga pembangkitnya atau jenis lampu apa yang digunakan karena bisa menghasilkan cahaya yang terang sekali. Sudah pasti pembangkit listrik untuk negara yang digunakan adalah PLN. Nah untuk jenis lampu, beberapa contoh jenis lampu jalan yang digunakan untuk dijadikan lampu PJU, ada yang bernama lampu tabung gas Flourescent, lampu mercury, lampu halogen, lampu sodium dan lampu LED (Light Emitting Diode).

Efisiensi Energi Lampu Led


Setiap jenis lampu memiliki daya tingkat keterangan dan jangkau yang berbeda – beda, seperti contoh nya lampu sodium. Lampu sodium merupakan lampu yang biasa nya di pasang di kawasan industri. Dipasang di kawasan industri ini karena lampu ini adalah salah satu jenis lampu konvensional yang cahaya nya paling terang. Akan tetapi, dewasa ini kita mengenal adanya lampu LED atau yang disebut juga Light Emitting Diode. Lampu LED ini memiliki kelebihan yaitu watt lampu led rata-rata lebih kecil dibandingkan jenis lampu yang lain sehingga daya lampu led juga relatif kecil, selain itu memiliki cahaya yang terang dan irit biaya listrik sehingga bisa dibilang lampu led hemat.

Ternyata setelah diadakan penelitian, lampu konvensional seperti lampu sodium, merupakan lampu yang hanya mengeluarkan 30% cahaya dari seluruh listrik yang dibutuhkan. Sehingga sangat tidak efisien sekali digunakan, selain mahal untuk tagihan listrik nya, lampu ini tidak mengeluarkan cahaya secara utuh. Berbeda dengan LED, lampu LED ini memiliki kelebihan yaitu mengubah hampir seluruh daya listrik, menjadi cahaya. Sehingga tingkat keterangan nya sangat baik dan bagus, lumen lampu led juga terbilang bagus, selain itu listrik yang digunakan nya pun tidak terlau banyak dan boros. Sehingga lampu LED juga menjadi pilihan bagi para masyarakat untuk dijadikan alat penerangan di rumah atau sekitar.

Namun selain kelebihan lampu led diatas, tentu saja terdapat kekurangan, salah satunya adalah harganya yang relatif lebih mahal dibandingkan lampu jenis lainnya, sehingga diperlukan investasi awal yang tinggi untuk dapat menggunakan lampu led khususnya untuk lampu penerangan jalan umum.

Dilihat dari jangkauan luas nya cahaya menyebar nya pun berbeda, setiap semakin besar watt yang digunakan pada lampu sodium, memang menyebar tetapi tidak selebar lampu LED. Jika lampu lampu LED yang di pasang jangkauan cahaya lampu LED bisa menyebar lebih luas dengan intensitas cahaya yang lebih terang serta lebih merata.

Custom Search

0 Response to "Efisiensi Energi Lampu Led Untuk Penerangan Jalan Umum"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik