Pemasangan Meter Listrik pada PJU Cegah Pencurian Listrik



Kasus pencurian listrik atau sambungan listrik secara ilegal pada PJU saat ini marak terjadi di sekitar kita. Permasalahan ini hanya akan merugikan pemerintah daerah setempat yang bertanggung jawab atas PJU tersebut. Tak hanya itu, PLN sebagai instansi penyedia listrik juga akan dirugikan akibat pencurian tersebut, dan yang lebih luas, masyarakat luas pengguna listrik pun akan ikut dirugikan juga. Untuk mencegah maraknya pencurian lampu PJU di beberapa daerah di Indonesia, telah dilakukan beberapa hal, salah satunya dengan cara memasang meteran.

Seperti berita dari Jakarta Utara, di sana banyak terjadi pencurian sambungan listrik oleh kelompok masyarakat untuk  lampu penerangan jalan sekitar pemukiman. Bahkan di beberapa lokasi sambungan PJU dimanfaatkan para PKL dan gubuk-gubuk tersebut mendapat aliran listrik. Hal itu membuat pihak pemerintahan daerah setempat melakukan upaya dengan memasang meter listrik pada setiap PJU di Jakarta Utara.

Menurut Fariati, Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta, 20 persen dari semua PJU di sekitar Jakarta Utara sudah dipasangi meter listrik,. Sedangkan direncanakan untuk sisanya akan dilakukan pemasangan meter listrik pada PJU tersebut hingga akhir Desember tahun ini. Pemasangan meter listrik pada PJU ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mencegah maraknya pencurian listrik secara ilegal pada PJU. Selain itu, dengan adanya sambungan ilegal pada instalasi listrik PJU bisa menyebabkan kebakaran.


Pemasangan Meter Listrik pada PJU Cegah Pencurian Listrik

Dengan adanya pemasangan meter listrik pada PJU maka akan tercantum beban listrik yang terpakai pada masing-masing PJU. Sehingga akan ketahuan jika beban melebihi batas maka semua lampu yang berada dalam satu rangkaian akan padam. Dengan begitu akan ketahuan ada pencurian aliran listrik pada instalasi PJU.

Tak hanya di wilayah Jakarta Utara, seperti yang diberitakan oleh suara merdeka, PLN Kota Kediri pun ditemukan ribuan lampu penerangan jalan umum yang menggunakan aliran listrik ilegal. Aliran listrik penerangan jalan umum tersebut merupakan hasil curian. Mendapat laporan seperti itu, pemerintah kota Kediri kemudian melakukan langkah tegas dengan menganggarkan dana sebesar Rp 8 milyar untuk lampu penerangan jalan dari APBD 2015.

Selain melakukan hal tersebut, pemerintah setempat juga akan memasang meter listrik pada PJU yang akan dipasang. Upaya ini juga merupakan salah satu langkah pemerintah kota setempat untuk menyikapi maraknya pencurian listrik yang terjadi di Kota Kediri. Sebab ribuan lampu penerangan ilegal di Kediri yang ditemukan PLN adalah penerangan jalan umum yang dibuat oleh sekelompok masyarakat Kediri sendiri.

Dengan demikian, pemasangan meter listrik pada Penerangan Jalan Umum (PJU) akan sangat membantu pemerintah daerah setempat sebagai upaya menekan pencurian listrik yang mengakibatkan beban biaya membengkak yang harus disediakan pemerintah. Sedangkan bagi PlN, hal ini tentu juga menguntungkan. Sebab dengan pemasangan meter listrik pada PJU maka kemungkinan penyambungan listrik secara ilegal yang dapat menimbulkan kerusakan bahkan kebakaran pada instalasi listrik PLN menjadi teratasi, setidaknya bisa berkurang.

Custom Search

0 Response to "Pemasangan Meter Listrik pada PJU Cegah Pencurian Listrik"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik