Mengapa Terjadi Pemadaman Listrik?



Mungkin ditempat Anda juga sering mengalami yang namanya pemadaman listrik, dari yang berlangsung sebentar yaitu hanya beberapa menit, sampai dengan pemadaman listrik dalam waktu yang relatif lama hingga berjam-jam. Tentu saja hal ini sangat membuat warga masyarakat khususnya pengguna layanan listrik sangat kesal, jengkel dan marah. Terutama bagi pelaku usaha atau yang bergerak dibidang bisnis, tentunya akan mengalami kerugian yang mungkin tidak sedikit jika pemadaman listrik yang terjadi dalam waktu yang cukup lama hingga berjam-jam.

Namun, tentu saja yang namanya pemadaman listrik ini bukanlah suatu hal yang diinginkan oleh semua pihak, baik dari pihak penyedia jasa listrik (PLN), terlebih lagi bagi pelanggan pengguna listrik. Jadi, apakah sebenarnya pemadaman listrik itu? mengapa hal tersebut dapat terjadi? Untuk mengetahui jawabannya, silahkan lanjutkan membaca artikel ini....

Mengapa Terjadi Pemadaman Listrik?


Pemadaman listrik adalah saat terhentinya pasokan aliran listrik ke pelanggan.

Secara umum listrik padam dapat disebabkan karena hal-hal sebagai berikut :


1.  Pemadaman Terencana :
Pemadaman terencana adalah pemadaman yang diakibatkan adanya kegiatan yang telah direncanakan oleh PLN yang mengharuskan terhentinya aliran listrik PLN ke Pelanggan, contohnya :

a. Penambahan peralatan jaringan.
b. Pemeliharaan Preventif (Preventive Maintenence)  pembangkit, penggantian kabel konduktor (rekonduktoring) transmisi 150 KV, jaringan dan gardu yang sudah dijadwalkan sebelumnya   dengan tujuan justru untuk menjaga keandalan agar tidak terjadi kerusakan yang lebih fatal.

2.  Pemadaman Tidak Terencana (Gangguan)
Adalah pemadaman akibat terjadinya gangguan yang tidak direncanakan. Contoh :

  • Terganggunya suatu unit pembangkit : gangguan pada sistem pelumasan, sistem pendingin, generator, boiler pemanas air menjadi uap.
  • Terganggunya jaringan / transmisi listrik : Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kV tersambar petir, terkena pohon roboh, tanah longsor, trafo meledak dan lain-lain
  • Terganggunya instalasi pelanggan karena hubung singkat, kerusakan alat-alat listrik yang dipakai atau beban lebih besar dari daya tersambung.
Pemadaman yang tidak direncanakan seperti ini memang tidak diberitahukan sebelumnya karena PLN sendiri baru mengetahui pada saat terjadinya gangguan.

Hal-hal yang dapat menyebabkan gangguan yang mengakibatkan pemadaman tak terencana diantaranya :

1. Petir
Jaringan distribusi PLN telah dilengkapi dengan lightning arrester untuk meredam besar arus listrik yang diakibatkan oleh petir. Akan tetapi jika frekuensi petir yang sangat tinggi tetap dapat mengakibatkan kerusakan pada fasilitas jaringan listrik PLN.

2. Pohon
Jika penghantar PLN terkena ranting pohon merupakan salah satu pemicu terjadinya gangguan. Untuk meminimalisir gangguan maka ranting dan daun pohon yang berada dekat dengan jaringan PLN harus di pangkas. Pemangkasan ranting atau yang biasa disebut dengan Pangkas Pohon itu dilakukan minimal tiga bulan sekali. Jarak aman antara jaringan listrik dengan pohon adalah 2,5 meter.

Akan tetapi, kadang upaya pemangkasan ranting pohon ini menjadi terhambat bila tak mendapat izin dari pemiliknya. Karena itu, sangat bijak bila anda merelakan ranting pohon yang dimiliki untuk dipangkas supaya dapat meminimalkan potensi terjadinya gangguan, demi kepentingan bersama. Pemangkasan ranting ini sebaiknya juga tidak dilakukan sendiri oleh si pemilik, sebab cukup berbahaya jika ranting yang dipangkas berdekatan dengan jaringan listrik. Serahkan saja pada petugas pemangkas ranting yang sudah ditunjuk oleh PLN, untuk itu segeralah lapor ke kantor PLN terdekat bila dirasa pohon-pohon disekitar rumah anda akan mengganggu jaringan PLN.

Untuk pemangkasan ini tidak akan dipungut biaya lagi dari pemilik pohon. Selain itu ranting dan daun yang dipotong juga akan dibawa oleh petugas, sehingga halaman rumah Anda akan tetap bersih. Percayalah, pohon yang telah dipangkas akan membuat pemandangan di lingkungan rumah Anda tampak lebih rapi. Selain tentunya akan membuat pohon Anda lebih sehat karena memiliki saat untuk meregenerasi daunnya.

3. Layang-Layang
Ketika bermain layang-layang, tak jarang tali layang-layang tersangkut di jaringan listrik PLN. Meski tampaknya sepele, tapi inilah awal timbulnya bahaya. Tali layang-layang yang tersangkut di jaringan listrik PLN dapat menjadi penghantar dan menyebabkan terjadinya arus hubung singkat pada jaringan. Gangguan listrik yang disebabkan layangan semakin meningkat tiap tahun.


sumber artikel : http://www.pln.co.id/

Selain pemadaman listrik seperti yang telah dijelaskan diatas, ada lagi yang namanya pemadaman listrik bergilir. Pemadaman listrik bergilir adalah pemadaman listrik yang dilakukan sengaja sebagai upaya terakhir dari perusahaan penyedia listrik untuk menghindari mati listrik total pada suatu sistem jaringan listrik. Hal ini biasanya dilakukan sebagai tanggapan terhadap situasi sewaktu permintaan listrik melebihi kapasitas suplai daya dari jaringan. Pemadaman bergilir dapat dilokalisasikan pada bagian tertentu dari jaringan listrik atau dapat juga meluas dan berdampak terhadap seluruh negara dan benua. Pemadaman ini biasanya disebabkan oleh dua hal: kapasitas produksi yang tidak cukup atau infrastruktur distribusi yang tidak memadai untuk menyuplai daya yang cukup ke wilayah yang membutuhkannya. ( sumber : wikipedia indonesia )

Tentu saja kejadian pemadaman listrik dan juga pemadaman listrik bergilir adalah dua hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu sangat diperlukan kesadaran masyarakat, selain itu peningkatan layananan dari pihak PLN juga sangat diharapkan. Pemerintah juga sangat diharapkan peran sertanya dalam menjaga dan menjamin ketersediaan pelayanan tenaga listrik kepada seluruh lapisan masyarakat sebab listrik merupakan salah satu kebutuhan vital masyarakat dijaman sekarang ini.






Custom Search

0 Response to "Mengapa Terjadi Pemadaman Listrik?"

Posting Komentar

Terima kasih dan semoga bermanfaat. Silahkan tinggalkan komentar

Back to top

Cek Tagihan Listrik